Lima Cara Untuk Merubah Perilaku Buruk

December 29, 2015

perilaku buruk


Banyak orang yang sedang menjalani proses perubahan diri akan tetapi gagal ditengah jalan. Ada yang menyadari bahwa mereka benar-benar tidak mau melanjutkan dan kembali ke cara-cara lama. Ada yang tidak sadar bahwa mereka telah berubah arah menjauhi tujuan. Apapun alasannya, yang jelas kedua sebab ini akan menggagalkan mencapai tujuan. Setiap manusia menginginkan kenyamanan dan menghindari sengsara. Lima langkah ini mungkin bisa membantu anda untuk mengubah perilaku buruk.

1. Kesadaran, Sadarilah bahwa ketidak nyamanan adalah kenyamanan. Proses tidak nyaman hanya sementara. sadari bahwa setiap orang mengalami hal ini. Bila anda pindah rumah dengan jalur macet, mula-mula akan pusing, namun lama-lama anda akan bilang “biasa’ mau bilang apa lagi.”. sadari juga kalau anda bisa memulai anda juga bisa mengakhiri. Tidak ada yang sulit kecuali anda memang tidak tahu caranya.

2. Alasan, Temukan alasan yang kuat, mengapa anda harus berubah. Alasan yang kuat adalah sebuah alasan yang bersifat “HARUS” anda lakukan, karena bila anda tunda maka akan terjadi hal yang lebih buruk dalam hidup anda. Bayangkan dengan jelas dan tegas apa resiko yang akan anda hadapi jika anda tunda? Kenikmatan apa yang akan anda peroleh jika anda lakukan? Bila alasan tidak kuat kemungkinan anda akan melanggar lagi. Agar alasan anda kuat bisa anda kaitkan dengan masa depan, Ibu, Bapak, Istri, Suami, anak, dan harga diri.

3. Asosiasi, Asosiasikan perilaku buruk yang akan anda ubah dengan segala hal yang sudah benar-benar anda benci. Asosiasi adalah mengumpamakan. Bila anda masih melakukan hal buruk itu, maka sama dengan anda melakukan apapun yang anda kaitkan dengan rasa tidak enak. Bisa berupa, Racun, bila anda benci darah kaitkan darah, bentuk yang buruk, rasa yang tidak sedap. Kualitas anda membayangkan sangat menentukan kekuatan asosiasi anda.

4. Bekukan, Seperti sebuah foto, sekarang gambaran yang jelas tadi anda potret menjadi foto hitam putih. Sehingga satu bingkai mewakili gambar perilaku buruk yang anda sudah asosiasikan. Buat warnanya lebih jelek, kusam, kering, dan tidak menarik-seperti lukisan kuno. Beri bingkai. Gantungkan di dinding.

5. Gantikan, Gantilah kebiasaan buruk anda dengan segala tindakan yang mempunyai nilai dan sensasi dan kesenangan yang sama. Bergaulah dengan orang-orang baru anda. hindari sementara teman lama anda yang berperilaku buruk. temuilah kembali bila anda benar-benar sudah mampu menolak. Kemampuan anda untuk membuang sebanyak-banyaknya perilaku buruk adalah kekuatan komitmen pribadi anda. berarti Anda sudah memecahkan masalah utamanya.


"Putuskan semua hal yang tidak produktif
Raihlah apapun yang baik dan produktif
Saya siap menjadi sahabat, partner dan saksi atas KESUKSESAN ANDA"
SEMANGAT PAGI
NEVER GIVE UP

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »