Inilah Akibat Buruk Karena Keseringan Begadang

December 27, 2015

Halo sobat Buang Bosan, bagi kalian yang menghabiskan 5 hari kerja dengan sibuk beraktifitas mungkin berfikir bisa membayarnya dengan begadang di akhir pekan, tentunya banyak diantara kita yang menghabiskan aktifitas dengan begadang seperti nongkrong bareng teman, main game ataupun menghabiskan malam minggu dengan nonton film sehingga membuat kalian kurang tidur. Namun tahukah kalian jika kurang tidur ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan kita? Pada artikel kali ini ane mau share beberapa bukti ilmiah jika kurang tidur bisa membunuh kita secara perlahan, ngeri kan sob ?


1. Begadang akan membuat kita lebih banyak merokok dan minum

merokok


Menurut peneliti di University of Copenhagen, kebiasaan begadang selalu berhubungan erat dengan yang namanya rokok, kopi ataupun alkohol. Efek dari ketiga hal ini akan mebuat kita kecanduan dan tidak aktif secara fisik sob, sehingga akan merusak kesehatan kita secara perlahan.

2. Gampang pilek

gampang pilek


Pada tahun 2009 ada sebuah penelitian bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam akan lebih mudah terkena pilek 3 kali lipat dibandingkan orang yang tidur selama 8 jam atau lebih. Dan ingat sob, jangan pernah menganggapnya remeh karena pilek ini adalah awal dari sebuah flu hingga alergi yang membuat kita kurang produktif sob.

3. Kurang tidur mempercepat kematian

mempercepat kematian


Di tahun 2007 ada sebuah penelitian di University of Warwick yang menemukan bahwa seorang laki-laki yang kurang tidur akan mempercepat kematiannya sebesar 21%, sedangkan untuk wanita yang kurang tidur akan mempercepat kematiannya sebesar 5%  Ngeri kan sob ?

4. Mengubah gen

gen berubah


Penelitian yang dilakukan oleh University of Surrey menunjukkan bahwa kebiasaan kurang tidur akan mengubah ratusan gen penting yang bertugas memperbaiki kesehatan tubuh kita. Jika 1 minggu saja kita kurang tidur maka akan berdampak negatif terhadap 700 gen lebih yang berkaitan dengan stres, kekebalan tubuh dan juga peradangan.

5. Lebih buruk dari seorang pemabuk

pemabuk


Para peneliti dari Cambridge University dan Rand Eropa menemukan bahwa kurang tidur memiliki dampak buruk pada pekerja dibandingkan dengan seorang pemabuk, hasil pemantauan terhadap 21.000 pekerja lebih yang mengalami kurang tidur mengaku kurangnya konsentrasi, kurang bersemangat, mengalami masalah pernafasan, sering lupa serta sering mengalamai sakit pada bagian kepala.

6. Lebih besar kemungkinan terkena stroke


stroke


Hasil penelitian di University of Alabama, Birmingham, menemukan bahwa kurangnya tidur akan membuat peluang terkena serangan stroke semakin besar.

Itu tadi beberapa dampak buruk karena kurang tidur sob, sebelum terkena hal-hal tersebut sebaiknya kurangilah kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu waktu tidur kita sob, namun jika memang harus terpaksa begadang usahakan keesokan harinya kita mengganti waktu tidur yang kurang itu sob. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share jika bermanfaat. ^.^

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »