Pilih Ngoding Apa Branding ?

December 25, 2015

Bagi kalian para mahasiwa ataupun pekerja yang berkecimpung di bidang IT tentunya tidak asing dengan yang namanya Ngoding. Sebenarnya apa sih ngoding itu ? menurut kamus besar bahasa buang bosan ngoding adalah kegiatan menuliskan bait-bait code komputer hingga menghasilkan suatu aplikasi.

ngonding

Sedangkan Branding masih menurut kamus besar bahasa buang bosan adalah suatu kegiatan memasarkan, mengenalkan suatu brand atau produk kepada masyarakat luas. Nah pertanyaannya kenapa ane ambil judul "Pilih Ngoding apa Branding ?"

Sebenarnya tulisan ini hanyalah pendapat ane pribadi ya sob, bagi para programmer ditingkat junior seperti ane pastinya memiliki harapan yang cukup besar supaya bisa sukses di dunia ngoding. Ngoding di sini dalam artian membuat aplikasi custom berdasarkan permintaan dari client. Pada awalnya memang menyenangkan mengerjakan kegiatan ini, namun lama kelamaan kegiatan ini menjadi kurang ane minati, kenapa bisa begitu ? salah satu penyebabnya adalah persaingan harga yang semakin terpuruk, dalam hal ini persaingan harga dalam negeri ya sob. Banyak programmer yang banting harga gila-gilaan sob. Belum lagi jika kita mendapat client yang MBBD alias Minta Banyak Bayar Dikit, populasi seperti inilah yang perlu dihilangkan sob, mungkin bagi kalian yang pernah ngalamin mengerjakan custom sudah tak asing lagi dengan kalimat "Kan tinggal buat gini aja toh mas, kok lama banget" atau "Aplikasinya simple kok mas, nanti sistemnya cuma bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla" dan masih banyak lagi kalimat yang bisa bikin kuping ente panas sob. Para klien seperti ini selalu menekan raga dan batin kita sob, seperti cewek yang udah lama kita pacarin tapi belum juga kita ajak nikah, pastinya dia bakal nuntut minta dinikahin terus kan sob.

Tapi disisi lain dengan kegiatan ngoding ini kita akan belajar mengenai banyak hal, semisal kita akan mengerjakan sebuah sistem sekolah, tentunya kita juga harus mempelajari alur dari sistem sekolah tersebut, begitu juga dengan sistem hotel, kuangan dan lainnya.

branding


Nah itu tadi sedikit plus minusnya bikin aplikasi custom sob, sedangkan jika masalah branding ini kita lebih ke arah membuat suatu produk, kemudian memasarkannya hingga terkenal. Produk bukan hanya berupa barang sob, jangan berfikiran "Lah kan ane programmer, masak harus bikin tas kulit lalu dipasarin" tapi website forum seperti kaskus, jejaring sosial seperti facebook itu juga sebuah produk menurut ane sob. kenapa begitu ? karna dari situ kita juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah sob, kita tidak harus bingung-bingung mikirin klien yang nagih aplikasinya setiap hari.

Namun branding juga bukan perkara yang mudah sob, kita juga harus belajar membuat riset pasar, semedi biar dapat ilmu marketing dan jika kita mau lebih gencar dalam mempromosikan produk kita kita harus mengeluarkan modal yang cukup besar, atau jika tidak mau mengeluarkan modal kita bisa mencari investor, bukan hal yang mudah tentunya.

Antara ngoding dan branding ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sob, tulisan ini cuman sekedar share pengalaman dan pendapat pribadi ane aja ya sob. jika ada salah tutur kata atau lainnya silahkan beri komentar sob, semoga bermanfaat ^.^

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »