Tugas Sering Molor ? Mungkin Kalian Selalu Melakukan Ini

January 06, 2016
Tugas.. tugas.. tugas.. menyelesaikan tugas tepat pada waktunya bukan merupakan hal yang mudah sob. Jika kita flashback ke jaman SD atau SMP mungkin menyelesaikan tugas tepat waktu merupakan hal yang sangat wajar dan mudah sekali, tapi kini saat kita sudah mulai duduk di bangku kuliah atau bekerja itu bukan merupakan hal yang mudah lagi. Terasa berat saat kita ingin menyelesaikannya, seolah - olah tugas hanya terfikirkan saja tapi untuk mengerjakannya diperlukan tekad yang kuat, dan semangat yang berkobar - kobar layaknya pejuang yang akan turun ke medan perang.

tugas telat


Sangat wajar sekali kita merasa berdosa jika kita tidak bisa menyelesaikan tugas tepat pada waktunya, karena rasa tanggung jawab sebenarnya sudah tertanam pada diri kita dan juga kita selalu merasa bahwa kita sudah memaksimalkan kinerja kita seluruhnya setiap hari. lantas hal apa yang membuat kita tidak bisa menyelesaikan tugas tepat pada waktunya ? mungkin kalian tidak sengaja melakukan hal - hal yang ada dibawah ini .

1. Mengerjakan tugas tanpa arah dan tujuan serta tidak fokus.


Agar tugas yang kita kerjakan bisa selesai dengan sukses diperlukan arah dan tujuan yang jelas tidak hanya berfikir “yang penting kan selesai”“yang penting dikerjakan” dan lain sebagainya. Menjelaskan dengan rinci bagaimana dan apa yang harus dikerjakan sangatlah penting, jangan membiarkan fikiran kacau akan memperburuk hasil tugas yang kalian kerjakan. ada 4 poin penting dan kalian harus memilih mana yang akan kalian prioritaskan berdasarkan tenaga dan fikiranmu yang paling banyak tersita adalah kualitas, kuantitas, urgensi, dan kecepatan.


2. Jika jadwal serta prioritas sudah tersusun, kalian terlalu malas untuk mentaati.


Jadwal kerja sangatlah membantu dalam menyelesaikan tugas – tugas kalian, dari tugas yang paling mudah hingga yang paling sulit dikerjakan sudah tersusun rapi. Namun, itu hanyalah teori untuk merealisasikannya sangatlaah tidak mudah karena rasa malas yang sebesar gunung mengalahkan tekad yang hanya sebesar jari kelingking. Cara yang tepat adalah membasmi dan melawan rasa malas yang ada pada diri kita sendiri. Memanfaatkan waktu yang tersedia sehingga tugas cepat selesai dengan optimal dan tidak berlarut - larut.

3. Iman yang terlalu lemah, sehingga mudah menyerah pada godaan - godaan sekitar.


Ketika kita merasa gagal dalam menyelesaikan tugas - tugas tepat pada waktunya, pasti ada alasan – alasan yang melatar belakangi kegagalan tersebut. Misalnya, suatu hal yang wajib dan sangat tidak boleh ditinggalkan saat bekerja atau mengerjakan tugas ponsel kalian berada di meja dekat sekali dengan kalian. Apalagi kalian termasuk anak hits pasti ponsel kalian sering sekali berdering atau sekedar bergetar karena fans kalian sudah menunggu. Dan kalian pasti terganggu, sangat mudah tergoda mengambil ponsel dan membuka akun social media kalian, karena gaya magnet yang timbul antara kalian dan akun media social sangatlah kuat.itu salah satu hal yang sedikit bisa disingkirkan, fikirkan jika kalian akan mempunyai banyak waktu luang untuk bermain ponsel setelah mengerjakan tugas.

4. Mengabaikan momen emas di awal hari.


Salah satu hal yang sangat sulit adalah memulai mengerjakan tugas karena sebelum memulai kita sudah terdoktrin bahwa tugas yang dikerjakan terlalu sulit dan tidak mungkin dapat terselesaikan. Rasa takut itu yang membuat enggan memulai pekerjaan, berfikir dan yakinlah PASTI BISA!! Dan jangan membuang - buang waktu karena waktu adalah emas yang berharga.

5. Memprioritaskan keinginan bukan kemampuan.


Kesuksesan dalam mengerjakan tugas juga ditentukan melalui kemampuanmu untuk menentukan prioritas. Tugas - tugas tak terduga diluar prioritasmu  akan sering berdatangan dengan  tiba - tiba dan seenaknya. Tapi, kamu harus tetap bisa yakin akan prioritas yang kamu buat, sebelum mengerjakan tugas  - tugas yang datang secara tidak terduga dan keroyokan itu. Hal yang perlu diingat yaitu, kalian harus bisa mengukur kemampuan kalian sendiri.

tugasnya nanti aja

6. Menyepelekan tugas dengan kata “Nanti saja”. Menjadi musuh yang paling besar.


Menunda – nunda pekerjaan menjadikan jadwal yang sudah tersusun rapi menjadi terbengkalai dan berantakan. Menunda pekerjaan dapat disebabkan oleh gangguan syaiton yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, tapi tidak menutup kemungkinan menunda pekerjaan karena hal - hal teknis yang memang mungkin menjadikan pekerjaan tertunda. Menjaga focus merupakan poin penting untuk menghindari menunda pekerjaan. Jadikan deadline dan keinginan terselesaikannya tugas tepat waktu.

7. Deadline yang sering kali difikirkan tapi sebisa mungkin dilupakan.


Layaknya sang mantan kekasiih, bagi kalian yang gagal move on pasti akan sering ada difikiran kalian tapi sebisa mungkin dilupakan. Yaa.. kalian sering menganggap deadline seperti itu. Jangan salah, deadline merupakan peran penting untuk dapat sukses mengerjakan tugas tepat waktu, fikirkan bahwa deadline merupakan motivasi kalian bukan berfikir “under pressure” karena deadline. Melewatkan deadline akan merelekanmu menjadi sosok yang malas. Sekali melewatkan deadline maka hari – hari esok pasti kalian melakukan hal yang sama.

8. Merasa takut yang berlebihan sebelum mengerjakan tugas.


Ada kalanya kalian membuang - buang waktu karena terlalu lama memikirkan tugas yang akan dikerjakan, tapi pada akhirnya tidak satupun tugas terselesaikan. Tidak focus, kurang percaya diri dan merasa tertekan membuatmu tidak bisa mengontrol diri sendiri. Bekerja seperti itu hanya membuatmu lelah. Tidak ada salahnya kalian meluangkan waktu sejenak 15 - 20 menit untuk menyegarkan fikiran, bermeditasi atau tidur siang. Jangan takut waktumu akan terbuang, jika kalian sudah merasa segar kembali maka pekerjaan akan dapat diselesaikan jauh lebih baik.

Penyesalan pasti akan selalu datang ketika gagal menyelesaikan tugas. Tapi daripada menyesal untuk kesekian kali tidak ada salahnya untuk mencari penyebabnya setelah itu memperbaikinya mulai hari ini. Tetap semangat dan pantang menyerah sobat buang bosan !!

loading...

Share this

Anak IT yang gak suka ngoding. . .

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Thursday, January 7, 2016 at 3:04:00 PM GMT+7 delete

nomor 7 difikirkan, kurang katanya gan. makasi infonya. kalo begitu saya harus kerjakan tugas di awal hari biar cepat selesai. Tulisanmu bagus gan, :)
kunjungi http://ptbanyakcerita.blogspot.co.id

Reply
avatar