IPK Bagus Tak Menjamin Kesuksesanmu Jika Tak Punya Soft Skill Ini

January 17, 2016

Yaa.. ipk bagus memang membuatmu lolos di tahap seleksi masuk di perusahaan. Tapi untuk menjadi seorang yang benar-benar sosok pekerja ipk bagus aja gak cukup sob. Tak semuanya orang yang sukses karirnya, dulunya punya ipk yang bombastis dan fantastis. Itu semua karena kunci kesuksesan bukan hanya pada hardskill, namun softskill juga tidak kalah penting untuk karir yang lebih cerah. Bukan hal yang mustahil banget buat kamu yang punya ipk pas-pas an dan tergolong rendah sekalipun untuk bisa punya karir yang bagus, sukses di dunia kerja, tapi.. kuasai dulu softskill berikut ini :

1. Pintar berkomunikasi penting, tak harus ipk camlaude.


Pintar untuk berkomunikasi bisa sangat menjamin kesuksesan kalian didunia kerja. Rekan kerja bahkan atasanmu akan sangat terganggu dengan keberadaanmu jika komunikasi sangat buruk. Kamu tidak perlu berbicara terlihat lebih pintar dari sekawananmu, cukup menghargai siapapun lawan bicaramu maka komunikasi mu sudah ternilai baik.

orang sukses

2. Bekerja secara team work.


Di suatu perusahaan memang kamu akan banyak bekerja secara individu, tapi juga tak menutup kemungkinan sebuah perusahaan membutuhkan karyawannya untuk bekerja secara teamwork. Inilah saat-saat terpentingmu, dimana sikap apatismu akan diperhitungkan, sebisa mungkin kamu bisa menurunkan egomu, karena tak semua pendapatmu dapat diterima rekan kerjamu. Dari situlah kamu mendapat kesempatan buat mengembangkan diri, dari pendapat rekan kerjamu kamu dapat belajar lebih banyak hal.

3. Kemampuan bernegosiasi bukan ngotot.


Perdebatan dengan rekan kerja sering sekali tidak terelakkan, meski menurunkan ego sangat penting saat berdebat, tapi juga bukan berarti kamu pasrah disaat pendapatmu yang menunjang keberhasilan proyek team pasrah untuk ditolak. Ingat yaa bernegosiasi berbeda dengan ngotot yang namanya bernegosiasi itu kamu tetap bisa mendengarkan pendapat orang lain, bukan menjelekkan pendapat orang lain. Dari bernegosiasi pasti ditemukan solusi terbaik untuk proyek tim yang akan dikerjakan.

kerja sama

4. Persaingan membuatmu lebih semangat.


Yang namanya dunia kerja persaingan pasti akan terjadi dan itu mau tidak mau harus kita terima sekalipun persaingan secara tidak sehat. Persaingan jangan membuatmu menjadi beban, tapi jadikan sebagai semangat untuk berjuang dan menjadikanmu sosok yang tidak mudah menyerah. Pastinya dengan adanya persaingan menjadikanmu lebih termotivasi untuk lebih lebih dan lebih meningkatkan kemampuanmu.

5. Keep calm for problem.


Masalah akan selalu datang, karena masalah merupakan bumbu penyedap kehidupan tak terkecuali masalah yang akan menghampiri pekerjaanmu. Yang kamu perlukan hanyalah tetap tenang, dan berfikir jernih untuk mendapatkan solusi terbaik dari permasalahanmu itu serta tidak gegabah mengambil keputusan apapun disaat emosi.

kerja tim


6. Mudah beradaptasi dengan dunia baru.


Kamu tidak akan menetap di suatu lingkungan yang sama, jika kamu menginginkan karir yang lebih baik. Kamu perlu untuk berpindah dari suatu lingkungan yang lain dan itu membutuhkan adaptasi yang cepat, jika kamu terlalu lama untuk beradaptasi, maka kamu juga akan kesulitan untuk berpindah dari satu lingkungan yang kamu anggap sudah nyaman. Adaptasi yang cepat juga memudahkanmu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Mulai sekarang membuka diri dan mencoba akrab dengan orang sekitar sangat penting untuk melatih beradaptasi dengan cepat.

Nilai-nilai yang baik memang sangat penting untuk seleksi awal dalam karirmu, tapi untuk mempertahankan karirmu kemampuan softskill ini juga tidak kalah penting. Yuuk sama-sama belajar softskill sobat buang bosan!!

Share this

Anak IT yang gak suka ngoding. . .

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar