Mengatasi Orang Tua Over Protective Tanpa Menyakiti Hatinya

January 02, 2016
Adakah diantara kalian yang merasa terlalu di kekang? Sementara usia kalian sudah cukup dewasa untuk menentukan pilihan hidup kalian sendiri. Aku rasa ada beberapa atau bahkan banyak orang tua yang memilih sikap terlalu over protect pada anaknya. Tidak boleh ini, tidak boleh itu, harus begini, dan banyak aturan-aturan lain. Hal ini tentu membuat si anak itu sendiri merasa tidak nyaman, karena setiap geraknya selalu di batasi.

dimarahi mama


Sekedar berbagi pengalaman, aku pun termasuk dalam kategori anak yang terkekang itu. Kadang perasaan iri itu tiba-tiba muncul ketika melihat teman yang lain bisa leluasa menentukan apa yang mereka mau, bebas kemanapun mereka pergi. Namun, seiring berjalannya waktu, semua itu dapat teratasi. Kalian bisa coba langkah-langkah ini. Happy Reading!


1. Cobalah lebih terbuka


Jika kalian termasuk anak yang pendiam, cobalah untuk mulai lebih terbuka sekarang. Ceritakan apa saja yang kalian alami hari itu pada orang tuamu. Ketika sepulang sekolah, atau sepulang bekerja maupun setelah melakukan aktivitas yang lain. Dengan menceritakan setiap kejadianmu hari itu, maka orang tuamu akan mengerti seperti apa kesibukanmu dan tak ada lagi kekhawatiran tentang anaknya lagi. Jika hanya diam, darimana mereka tahu.


2. Jangan sering-sering membantah


Disaat orang tua kalian mulai mengeluarkan siraman rohaninya, cukup dengarkan saja. Meski pun hati ini tidak terima, jangan terlalu sering membantahnya, karena ini akan semakin membuat panas situasi. Amarahnya akan semakin meledak. Biarkan sampai tenang dan mulai jelaskan apa  yang sebenarnya terjadi.


3. Tunjukkan jika kamu sudah cukup dewasa


Dewasa disini bukan berarti kamu sudah umur 20an keatas. Karena kedewasaan seseorang tidak bisa di ukur hanya dari umur saja, melainkan dari cara pandangnya, pola berfikirnya, bagaimana sikapnya menghadapi masalah dan masih banyak lagi. Cobalah untuk menjadi dewasa dan tunjukkan pada orangtuamu jika kamu mampu menyelesaikan masalahmu sendiri. Dengan begitu mind set orang tua kita akan berubah, mereka akan berpikir bahwa gadis atau jagoan kecilnya telah beranjak dewasa.



4. Beri pengertian


Seringkali kita selalu mendulukan ego masing-masing. Padahal jika di bicarakan baik-baik, setiap problema pasti ada jalan keluarnya. Coba sesekali ketika sedang berkumpul bersama di ruang keluarga, ajak bicara orang tuamu. Katakan apa yang ada di pikiranmu, niscaya mereka akan mengerti dan mulai memberikan kebebasan.


Sebenarnya banyak cara lagi yang bisa di lakukan, dan itu juga tergantung dari kalian sendiri. Karena karakter dari setiap orang tua pun berbeda-beda. Langkah diatas hanyalah sebagian kecil yang pernah aku lakukan dan itu berhasil. Orang tuaku tak lagi terlalu mengekangku karena mereka tahu aku bisa di percaya dan sudah bisa menilai mana yang baik atau tidak. Mau keluar sama pacar, silahkan. Mau hang out malem bareng temen silahkan.

Tak banyak lagi aturan yang di terapkan. Tapi ya gitu guys, kalau udah di kasih kepercayaan jangan sekali-sekali kalian khianati, karena kepercayaan itu sangat mahal. Ketahuilah juga bahwa sikap overprotective yang di berikan orang tua adalah bentuk kasih sayang mereka terhadap anaknya. Kekhawatirannya semata-mata karena tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada anak-anak mereka.

Semoga bermanfaat. :)
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »