Tips Mempersiapkan Foto Pre-Wedding

January 11, 2016


Mempersiapkan foto pre-wedding bisa jadi sama rumitnya seperti ketika hendak menikah. Berbagai persiapan perlu dilakukan mulai dari menentukan konsep, memilih busana, mencari fotografer hingga lokasi pemotretan. Untuk hal yang disebutkan terakhir, kesulitannya bisa sama seperti mencari lokasi pernikahan. Keterbatasan budget atau ketersediaan tempat bisa menjadi penghalang calon pengantin mendapatkan lokasi foto pre-wedding impian.

Jika yang memiliki budget tidak terbatas, foto pre-wedding dengan lokasi di luar negeri kini banyak menjadi pilihan calon pengantin. Seorang fotografer Diera Bachir mengatakan, negara-negara seperti Singapura, Jepang, Korea dan beberapa lokasi di Eropa menjadi lokasi favorit untuk foto pre-wedding.



Apapun pilihan calon pengantin, dalam memilih lokasi foto pre-wedding ini tidak bisa sembarangan. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Tentukan Tema
Fotografer yang kerap memotret untuk pre-wedding seperti Diera Bachir mengatakan, sebelum mencari lokasi biasanya dia dan kliennya akan membicarakan dulu mengenai tema foto. "Kalau temannya ingin yang romantis, kita akan mencari lokasi yang dapat menunjang kemauan tersebut," katanya. Jika memang klien ingin melakukan pemotretan di dalam studio, Diera pun biasanya akan mempersiapkan dekorasi yang menunjang foto.

2. Lokasi Unik
Setelah tema foto disepakati antara calon pengantin dan fotografer, pencarian lokasi pun dimulai. Dalam hal memilih lokasi foto, Diera Bachir lebih senang mencari tempat-tempat yang menarik. "Misalnya restoran-restoran dengan interior yang bagus atau taman yang pemandangannya bagus"

Sedangkan fotografer Michael Cools mengatakan, jika memang tidak mendapat lokasi yang unik, pastikan fotografer pre-wedding tahu mengambil sudut foto yang menarik. "Saat ambil foto di tempat yang sudah sering, sebaiknya jangan ambil angle kelihatan tempat itu. Fotografernya harus pintar," kata pria muda yang juga sering memotret fashion itu.

3. Persiapan
Setelah mengetahui lokasi yang diinginkan, jika Anda tidak menggunakan jasa fotografer profesional, Anda harus mencari tahu lebih lanjut mengenai lokasi tersebut. Cari tahu beberapa hal seperti apakah lokasi memang layak untuk dijadikan tempat foto pre-wedding, berapa biayanya jika memang lokasi foto harus disewa, perlukah perizinan dengan pihak tertentu, jika memang ada perizinan berapa lama waktu yang diberikan, dan hal-hal kecil lainnya yang terkesan sepele namun perlu diketahui sebelum pemotretan dilakukan.

4. Jangan Mendadak
Kalau tema foto sudah disepakati, sebaiknya segera cari lokasi foto pre-wedding yang sesuai. Jangan dilakukan mendadak seperti seminggu sebelum hari-H pemotretan. Waktu yang lebih lama untuk mencari lokasi ini bisa membuat calon pengantin lebih leluasa menentukan pilihan tempat paling sesuai tema. Tak hanya itu, dengan melakukan persiapan beberapa minggu sebelum hari-H, calon pengantin bisa lebih dulu mencari tahu mengenai detail lokasi tersebut seperti yang sudah dijelaskan di poin tiga.

5. Rencana Cadangan
Jika calon pengantin memilih melakukan pemotretan dengan lokasi di luar ruangan atau outdoor, pastikan memiliki rencana cadangan. Persiapkan diri untuk menghadapi hal yang tidak diinginkan seperti mendadak turun hujan meskipun pada hari pemotretan sebenarnya sudah memasuki musim kemarau. Diskusikan dengan fotografer yang sudah ditunjuk mengenai rencana cadangan ini.



Ketika mempersiapkan pernikahan calon pengantin kini tidak hanya disibukkan dengan urusan desain undangan, busana, mencari gedung hingga memilih catering. Ada satu lagi kegiatan yang beberapa tahun belakangan tidak mau dilewatkan calon pengantin yaitu foto pre-wedding.

Apakah Anda termasuk yang sedang mempersiapkan foto pre-wedding? Meskipun terkesan mudah, seperti tinggal berpose di kamera, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika ingin memiliki foto pre-wedding yang tidak mengecewakan. Jangan asal melakukan foto pre-wedding karena hasil foto akan menjadi kenangan seumur hidup. Berikut ini empat hal yang sebaiknya dipersiapkan:

1. Memilih Fotografer
Sekarang ini ada banyak pilihan fotografer pre-wedding, baik itu perorangan atau yang bergabung dengan sebuah studio foto. Apapun pilihannya, dalam memilih jasa fotografer ini tidak bisa sembarangan. Kalaupun budget Anda terbatas, tetap harus mencari yang terbaik. Kalau budget mendekati nol, atau bahkan tidak ada budget, minta bantuan saja sama teman/kenalan/saudara walau bukan fotografer professional. Dalam memilih fotografer ini, beberapa fotografer menyarankan cara paling simple yaitu dengan melihat hasil karya fotografer pilihan. "Cari fotografer dengan portfolio yang beragam untuk mempermudah memilih fotografer yang sesuai,"

2. Diskusikan Konsep Yang Diinginkan
Tahap selanjutnya yang harus dipersiapkan yakni mendiskusikan konsep foto pre-wedding yang dinginkan dengan fotografer pilihan. "Mendiskusikan konsep yang diinginkan adalah hal yang penting karena ada klien yang suka dengan gaya yang simple dan gaya yang mewah, jadi kita bisa tahu mereka maunya seperti apa," ujar Diera Bachir, fotografer langganan selebriti yang sering memotret untuk pre-wedding.

3. Persiapan
Setelah konsep foto dimatangkan bersama fotografer, hal yang selanjutnya adalah melakukan persiapan mulai dari busana, lokasi foto dan make-up, hingga dekorasi. Menurut Diera Bachir persiapan yang matang seperti memilih dekorasi yang tepat, pakaian yang sesuai dengan konsep, lokasi pemotretan dan make-up yang akan digunakan, sebaiknya diprioritaskan agar hasil foto pre-wedding memuaskan.

Persiapan ini pastinya dilakukan bersama dengan fotografer. "Klien harus ikut terlibat dengan seluruh persiapannya agar mereka merasa foto ini milik mereka juga, jadi semua harus ikut andil," ujar Diera.

4. Menjaga Kesehatan dan Pola Makan
Untuk pasangan yang akan melangsungkan foto pre-wedding, mempersiapkan kondisi fisik untuk berpose di depan kamera adalah hal yang penting. Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan, jika memang merasa tidak percaya diri, mulailah menjaga pola makan dengan hidup sehat. Kesalahan yang banyak dilakukan calon pengantin adalah berharap penampilan mereka bisa dibuat lebih langsing oleh sang fotografer.

"Fotografer bukan sliming centre yg bisa buat Anda terlihat kurus, kalau Anda ingin terlihat kurus di foto yah coba diet sebelum foto pre wedding,"

Diera Bachir juga menambahkan dengan melakukan diet dapat membuat calon pengantin menjadi lebih percaya diri saat akan melakukan foto pre-wedding. Selain itu memperbanyak minum air putih dan tidak tidur larut malam menjadi hal yang harus diperhatikan, agar penampilan terlihat segar saat foto.

Itulah beberapa tips dalam melaksanakan foto Pre-Wedding.
Semoga bermanfaat...



loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »