Biarkan Sejenak Aku Menikmati Kesedihanku Ini

February 03, 2016
Mungkin diantara kalian sobat buang bosan ada yang lagi bersedih ? sedih karena baru putus cinta ? sedih karena nilai-nilai kuliah tak sesuai dengan ekspetasi ? sedih karena apa yang kamu inginkan ternyata tak berjalan sesuai rencana ? bersedih karena apapun itu, pasti ada masanya. Kesedihan akan datang menghampirimu meskipun terkadang sebisa mungkin untuk dihindari. Tapi disaat kita bersedih tak jarang banyak orang lain yang datang menghampiri dan menasehati agar kita menghentikan dan mengubur kesedihan itu. Kenapa sii sebegitu takutnya kita dengan kesedihan ?

biarkan sejenak aku menikmati kesedihanku ini

1. Sebisa mungkin bahagia dan tidak pernah bersedih.


Hidup tak bisa diatur semudah itu, hidup akan melakukan apapun terhadap kita. Hidup bisa mengangkat kita tinggi bahkan tinggi sekali, tapi suatu saat hidup dapat menjatuhkan bahkan menginjak-injak kita seakan sudah tak ada artinya. Dan saat hidup tak berpihak pada kita, sudah sangat wajar jika kita bersedih karena bagaimanapun juga kita manusia.

Kesedihan adalah normal, kita tak perlu untuk menutupinya dengan pura-pura berceria. Hidup memang tak seindah pelangi, hidup bisa menjadi tragedi kapan saja dan dimana saja.


2. Kenapa kita memaksa seseorang untuk tak bersedih lama-lama ?


Bersedih memang hal yang sangat tidak nyaman. Tapi juga tidak bisa dipungkiri dengan menangis kita akan merasa lebih tenang. Sendiri dikamar merupakan ide yang cemerlang untuk sekedar berfikir jernih untuk memecahkan masalah yang baru-baru ini dihadapi. 

Kita tak dapat memaksa orang lain berhenti bersedih. Karena kita tak pernah tau sedalam dan sekuat apa kesedihan yang mereka alami. Mungkin mereka memang butuh waktu untuk menghapus kesedihannya itu. Kita hanya perlu untuk menawarkan telinga, mendengarkan semua keluh kesahnya sambil memeluknya erat.


3.  Kita tidak punya lisensi untuk menentukan derajat penderitaan orang lain.


Menganggap bahwa ada yang lebih bersedih dibandingkan kesedihan teman kita. Tidak ada yang bisa memberikan derajat untuk penderitaan orang lain. Merupakan hal yang wajar seseorang bahagia karena hal sepele, seharusnya merupakan hal yang wajar juga untuk bersedih karena hal yang sepele. Sebaiknya membiarkan seseorang berduka, agar dukanya lantas hilang dan tidak menjadi subur didalam hati.

kesedihanku


4. Tak semuanya orang lain hidup senyaman kita.


Karena sebagian orang hidup dengan traumanya masing-masing, banyak hal yang berat sehingga membuatnya trauma. Banyak beberapa hal yang mungkin tidak bisa diperbaiki, mereka tetap ada didalam jiwanya dan mungkin dibawa hingga mati. Apakah bisa kita bersih keras untuk melarang melupakan semua hal itu ?

5. Tak seharusnya kita takut pada kesedihan.


Sebagai manusia seharusnya kita bisa merasakan berbagai emosi yang berbeda pada saat yang bersamaan. Dengan berduka dan bersedih kita akan sadar akan artinya bersyukur.

Tak seharusnya kita memaksa orang lain untuk tidak bersedih, karena bersedih dan berduka itu pasti ada masanya, semua itu pasti butuh waktu dan proses. Tak seharusnya kita memaksa untuk tertawa saat mereka benar-benar bersedih. Mereka perlu ruang untuk jujur dan mencari solusi atas kesedihannya itu. Kita hanya perlu mendengarkan dan mencoba mencari solusi atas kesedihannya itu.
loading...

Share this

Anak IT yang gak suka ngoding. . .

Related Posts

Previous
Next Post »