6 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menikah, Apa Saja Itu ?

March 04, 2016

Pernikahan memang menjadi impian setiap orang, namun untuk menikah dan hidup bahagia dengan keluargamu tak cuma butuh niatan saja, kesiapanmu sebagai calon suami/istri juga sama pentingnya. Ada banyak orang yang berfikiran jika kehidupan setelah pernikahan akan berlangsung begitu mudah dan berjalan seperti yang mereka inginkan. 

Namun pada kenyataannya kehidupan berumah tangga tak selalu mudah, tak selalu mengalir seperti yang kalian inginkan begitu saja. Mental yang matang, persiapan serta kedewasaan diperlukan agar rumah tanggamu tidak menjadi sarang drama nantinya, nah sebelum kalian memutuskan untuk menjalin pernikahan lakukanlah 6 hal wajib ini terlebih dahulu.

1. Puaskan jalan-jalan atau hobimu yang lain


Puaskan jalan-jalan atau hobimu yang lain

Jangan terburu-buru menikah jika kalian masih ingin bebas jalan-jalan atau melakukan hobi lainnya, memang tak semua pernikahan bisa dipukul rata, ada juga orang yang sudah menikah namun masih tetap bisa travelling sepuasnya.

Setelah menikah kamu akan disibukkan dengan urusan rumah tangga, acara jalan-jalan yang sifatnya spontan juga akan sulit dilakukan. Karena kesibukan masing-masing aktivitas liburan harus dijadwalkan sejak dini.

2. Mulai belajar atur keuanganmu


Mulai belajar atur keuanganmu

Ada saja orang-orang luar biasa yang berani menikah sebelum mapan. Tapi, keputusan berani ini bukan untuk semua orang. Menunda pernikahan sampai kamu mapan secara keuangan adalah opsi yang lebih aman. Karena itu, wajib hukumnya untuk belajar memapankan kondisi finansial dari sekarang.

Baca Juga : Inilah 7 Cara Efektif Mengatur Keuangan Di Akhir Bulan

Sudahkah kamu memisahkan rekening gaji dan rekening tabungan? Sudahkah sebagian tabunganmu dialihkan untuk investasi kecil-kecilan? Sudahkah kamu punya dana darurat yang sanggup menghidupi dirimu sendiri untuk paling tidak 3 bulan? Kalau kondisi keuanganmu masih bolong sana-sini, bisa-bisa justru jadi beban keluarga besar saat sudah jadi suami/istri nanti.

3. Latih kesabaran dan mental untuk kondisi 'terburuk'


Latih kesabaran dan mental untuk kondisi 'terburuk'

Saat berumah tangga, tak mungkin semuanya berjalan sesuai rencana, tentunya ada masa-masa dimana kamu akan mendapat 'cobaan'. Jangan sampai cobaanmu ini menjadi boomerang buat pernikahanmu, untuk itu mulailah belajar bersabar dan siapkan mental untuk kondisi terburuk yang tentunya jangan sampai kalian lalui.

Salah satu cara untuk melatih kesabaran dan mental ini adalah dengan merintis bisnis kecil-kecilan, kamu akan belajar banyak hal dari dunia enterpreneur, selain itu bisnismu ini juga bisa menjadi alternatif ketika kamu di berhentikan dari kantormu bekerja.

4. Belajarlah memasak


Belajarlah memasak

Keharmonisan rumah tangga salah satunya bersumber dari dapurmu, mulailah belajar memasak karena tak mungkin kamu sama pasangan selalu makan di luar kan ? Dengan masakan kamu bisa meracik kebahagiaan di setiap sudut rumah dan di hari setiap anggota keluargamu kelak !

5. Cobalah untuk patah hati


Cobalah untuk patah hati

Mungkin kamu pernah mengalami yang namanya sakit hati, bersyukurlah karena dengan begitu kamu akan tahu bagaimana sakitnya patah hati, kamu tak akan mau melakukan kekurangajaran itu pada pasanganmu saat nanti.

Baca juga : Cara Mengatasi Pacar Yang Lagi PMS

Dengan merasakan patah hati kamu akan lebih memahami tentang pentingnya manajemen hati, kerena itu puaskanlah untuk merasakan patah hati dan percayalah suami/istrimu kelak akan berterima kasih.

6. Seriuslah dalam pendidikanmu


Seriuslah dalam pendidikanmu

ketika kuliah kamu pasti sering berangan-angan untuk segera menjadi sarjana dan menikah, namun percayalah setelah menikah kamu akan sangat merindukan masa-masa sekolah. Kamu akan merindukan serunya ngumpul bareng temen-temenmu, serunya godain mahasiswi yang lewat di depan tempatmu nongkrong dan keseruan-keseruan lain yang tak bisa kamu lakukan setelah menikah.

Selain itu kamu juga membutuhkan latar belakang pendidikan yang baik agar memudahkanmu dalam berkarir dan menghidupi keluargamu nanti. Jadi jangan sia-siakan waktumu dalam sekolah maupun masa kuliah.

Nah itulah 6 hal yang wajib kamu lakukan sebelum menikah, keputusan menikah tak bisa diambil dengan tergesa-gesa, kamu perlu waktu untuk mempersiapkannya dengan matang

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »