7 Cara Efektif Mengatur Keuangan

March 08, 2016

Menyambung tulisan ane 6 hal yang wajib dilakukan sebelum menikah yang salah satunya adalah belajar manajemen keuangan, kali ini ane mau share 7 cara efektif mengatur keuangan untuk masa depanmu. Mungkin bagi sebagian orang menabung merupakan hal yang sulit dilakukan, namun jika kalian tahu cara yang benar menabung / mengatur keuangan pastinya akan terasa mudah, lalu apa saja 7 cara efektif mengatur keuangan itu ?

1. Membuat daftar kebutuhan belanja

Membuat daftar kebutuhan belanja

Mulai daftar kebutuhan pokok kalian untuk 1 bulan, kemudian buat list harga dan jumlah bahan-bahan tersebut. Patuhi anggaran belanja bulanan yang sudah kalian buat, dan jika pengeluaran belanja kalian melebihi anggara anggaplah itu sebagai hutang dan kalian harus menggantinya di bulan berikutnya.


2. Jangan jadi pribadi yang konsumtif

Jangan jadi pribadi yang konsumtif

Dengan menjadi pribadi yang konsumtif berapapun uang yang kita dapatkan pasti akan selalu kurang, karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk yang serakah. Untuk mengatasi hal itu belajarlah mengurangi kebiasaan konsumtif kalian, sebagai contoh bawalah bekal untuk mengganti uang makan.

3. Menabung di bank

Menabung di bank

Menabung di rumah mungkin saja bisa kalian lakukan, namun alangkah lebih baiknya kalian membuka rekening bank dan menyisihkan sebagian uang setiap bulannya. Dengan begitu kalian punya simpanan kebutuhan lain yang tidak terduga. Dan usahakan pilihlah bank yang layanan ATMnya sulit kalian jangkau, hal ini untuk mengurangi keinginan kalian mengambil uang di ATM.

4. Jangan terlalu sering keluar rumah

Jangan terlalu sering keluar rumah

Dengan keluar rumah untuk sekedar ngopi atau jalan sama teman-teman akan jauh lebih boros daripada kalian memanfaatkan waktu luang di dalam rumah. Kalian bisa menghabiskan waktu luang untuk bersih-bersih atau sekedar Qtime dengan anggota keluarga kalian.

5. Jangan terlalu banyak membawa uang tunai

Jangan terlalu banyak membawa uang tunai

Terkait point 4, jika sedang keluar rumah usahakan jangan terlalu banyak membawa uang tunai, bawalah uang secukupnya saja. Karena dengan membawa uang tunai berlebihan akan membangkitkan keinginan kalian untuk belanja hal-hal yang kurang bermanfaat.

6. Membeli barang yang murah

Membeli barang yang murah

Murah tidak selamanya berarti murahan. Jadi kalian tidak perlu takut membeli barang-barang yang harganya murah. Hilangkan rasa gengsi supaya gaji tidak cepat habis. Misalnya kalian ingin membeli pakaian. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan, bukan yang sesuai
dengan keinginan. Pasalnya apa yang kalian inginkan belum tentu kalian butuhkan.

7. Buat target menabung

Buat target menabung

Dengan membuat target kalian akan lebih terarah dan semangat dalam menabung, misalnya saja target kalian adalah bisa menabung 500 ribu setiap bulannya.
Kalian akan berusaha keras agar target itu bisa terpenuhi, mungkin dengan menginvestasikan atau dengan cara autodebet di bank.

Seperti kata pepatah rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Dengan hidup hemat akan banyak pundi-pundi rupiah yang bisa kalian tabungkan dan hasilnya dapat kalian nikmati pada masanya kelak, semoga 7 cara efektif mengatur keuangan ini bisa bermanfaat.

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »