6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Pergantian Musim

March 06, 2016
Pada saat memasuki perubahan dari musim hujan ke musim kemarau terjadi perubahan suhu dan kelembapan yang memaksa tubuh kita untuk beradaptasi dengan ekstra keras, jika hal tersebut tidak diimbangi dengan daya tahan tubuh yang kuat tentu akan menjadikan tubuh kita rawa penyakit. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah 6 tips menjaga kesehatan saat pergantian musim.

1. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bergizi

Selain makan teratur, kita juga harus memperhatikan unsur 4 sehat 5 sempurna. Makanan-makanan tersebut bila kita konsumsi secara teratur akan menyeimbangkan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan juga mineral

2. Olah raga secara rutin

Olah raga secara rutin

Dengan berolah raga secara rutin akan membuat tubuh kita lebih segar dan bugar, selain itu dengan keluarnya keringat saat berolah raga akan memperlancar metabolisme tubuh kita.

3. Konsumsi minuman suplemen yang tepat

Konsumsi minuman suplemen yang tepat

Mungkin sebagian dari kita sulit memenuhi unsur gizi yang seimbang entah dikarenakan faktor diet atau lainnya. Untuk mengatasi hal itu biasanya kita akan mengonsumsi suplemen penambah stamina, pilihlah suplemen yang benar-benar mengandung vitamin B yang lengkap untuk menjaga stamina tubuh seperti B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12. Selain itu, makanan/minuman energi tersebut dalam kemasannya harus mencantumkan kandungan zat, aturan pakai, masa kadaluarsa dan nomor registrasi badan pengawasan obat makanan (BPOM).

4. Kelola stres dengan baik

Kelola stres dengan baik

Dengan mengelola stres secara tepat kita akan terhindar dari berbagai macam dampak negatifnya, seperti susah tidur, nafsu makan berkurang yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh kita berkurang.

5. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena dibutuhkan setiap hari oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan. Selain itu air putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya atau mencegah terjadinya penyakit yang tidak diinginkan.

6. Menjaga kebersihan makanan dan minuman

Menjaga kebersihan makanan dan minuman

Risiko penyakit bisa berasal dari makanan dan minuman yang tercemar kuman penyebab penyakit. Karena itu kita harus pandai menjaga kebersihan terutama kebersihan makanan dan minuman, biasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan.

Nah itulah 6 tips menjaga kesejatan pada saat pergantian musim sob, jadi perisapkan tubuh kalian karena pada masa itu resiko terkena penyakit bisa naik sampai 2 kali lipat. jadi lakukan pencegahan sejak dini karena mencegah lebih baik daripada mengobati kan ?
loading...

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »