7 Cara Mudah Merawat Burung Lovebird Agar Rajin Gacor Dan Ngekek Panjang

August 13, 2016

7 Cara Mudah Merawat Burung Lovebird Agar Rajin Gacor Dan Ngekek Panjang
sumber gambar : www.sipendik.com

Coba bayangkan jika pagi hari sebelum berangkat kerja ataupun sore hari setelah seharian bekerja anda menikmati secangkir kopi ditemani kicauan panjang dari burung lovebird yang terkenal memiliki suara merdu dan kencang. Wah, pastinya sangat menyenangkan.

Namun untuk bisa merasakan hal tersebut tentunya lovebird kesayangan anda harus dalam kondisi yang sehat dan prima, kesalahan dalam hal perawatan akan membuat kondisi lovebird anda rentan sakit dan malas-malasan untuk ngoceh.

Baca juga : Inilah 8 Tips Merawat Kenari Bagi Pemula

Perawatan burung lovebird sendiri sebenarnya cukup mudah karena burung ini gampang beradaptasi dengan lingkungan. Nah, bagi anda yang masih belum mengerti cara merawat burung lovebird atau anda yang sudah terbiasa merawat lovebird. Pastikan 7 cara mudah merawat burung lovebird agar rajin gacor dan ngekek panjang ini anda terapkan setiap hari.

1. Mandikan burung lovebird sampai basah kuyup

Mandikan burung lovebird sampai basah kuyup
sumber gambar : www.youtube.com
Seperti yang dimuat dalam artikel omkicau.com, bahwa dengan memandikan burung lovebird sampai basah kuyup akan meningkatkan stamina dan membuat lovebird anda lebih rajin berbunyi dengan suara panjang.

Untuk waktu memandikan lovebird sendiri tidak jauh berbeda dengan jam memandikan burung kicau lainnya, yaitu pukul 07.00. Anda dapat memandikan lovebird dengan semprotan mandi / sprayer sampai basah kuyup. 

Baca juga : 9 Langkah Perawatan Ikan Cupang

2. Menjemur burung lovebird


Setelah selesai memandikan lovebird sampai basah kuyup, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menjemur burung lovebird anda. Penjemuran yang baik dilakukan antara pukul 08.00 s/d 11.00. Jangan lupa untuk mengangin-anginkan lovebird anda selama 10 s/d 15 menit.


3. Memperdengarkan masteran


Untuk proses memperdengarkan masteran dapat anda lakukan setelah menjemur burung lovebird dan mengangin-anginkannya, pada saat memperdengarkan suara masteran, anda dapat menutup sangkar dengan kain. Memperdengarkan masteran juga dapat anda lakukan pada malam hari hingga menjelang keesokan harinya.

Proses pemasteran ini dapat anda lakukan dengan cara menggantung burung master tidak jauh dari sangkar lovebird anda, ataupun memutarkan suara rekaman burung yang banyak beredar di internet. 

Menjemur burung lovebird
sumber gambar : www.burunghobi.com

4. Bersihkan sangkar secara rutin


Selain memandikan dan menjemur burung lovebird, hal lain yang harus anda lakukan secara rutin adalah membersihkan sangkar. Biji-bijian / makanan yang terjatuh dan mengumpul pada dasar sangkar, apalagi jika sudah menyatu dengan air dan kotoran kemungkinan besar sudah tercemar bakteri atau tungau yang bisa mengganggu kesehatan burung. Karena hal inilah sangkar harus mutlak dibersihkan setiap hari.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Saat Pergantian Musim

5. Memberikan makanan secara tepat


Makanan adalah aspek penting dalam merawat lovebird. Walaupun lovebird bisa diberi banyak varian makanan, tetapi makanan yang paling tepat untuk lovebird anda adalah biji-bijian seperti milet putih, campuran milet merah dan putih, hemp seed, kuaci dan sebagainya.

Sesekali anda juga dapat memberikan extra fooding (EF) buah dan sayuran. Berikan sayuran seperti kangkung, tauge dan jagung muda untuk meningkatkan birahinya. Sehingga lovebird anda semakin rajin bunyi.

Berikan multivitamin dan nutrisi lovebird
sumber gambar : www.tips-ukm.com

6. Berikan multivitamin dan nutrisi


Pemberian multivitamin dan nutrisi bertujuan agar lovebird anda selalu terjaga kesehatannya, selain itu juga untuk menunjang perkembangan kemampuan pada segi berkicaunya. 

7. Sesekali berikan hiburan pada lovebird anda


Agar burung lovebird tidak jenuh, sesekali berinteraksilah dengan mereka. Berikan lovebird anda mainan berupa gantungan-gantungan dengan bentuk unik. Atau berikan bola-bola kecil, dengan begitu anda dapat melihat kocaknya tingkah lovebird pada saat memainkan bola mainan yang anda berikan

Jika memungkinkan anda juga dapat membiarkan burung lovebird bebas pada ruangan tertutup, jika mereka sudah akrab dengan anda burung ini tidak akan sungkan berdekatan dengan anda.

Dengan melakukan 7 cara mudah merawat burung lovebird agar rajin gacor dan ngekek panjang secara rutin, saya berharap anda dapat segera menikmati waktu bersantai ditemani segelas kopi dan kicauan merdu nan panjang dari lovebird kesayangan anda, hehehe.

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »