8 Tips Merawat Burung Kenari Bagi Pemula Agar Pinter Ngoceh

August 11, 2016

Halo sahabat buang bosan, memiliki hewan peliharaan bisa menjadi salah satu bentuk hiburan untuk menghilangkan kejenuhan kalian. Salah satu hewan peliharaan yang menjadi favorit adalah burung kenari. Burung kenari merupakan burung yang paling banyak dipelihara oleh penghobi burung ocehan,karena kenari sangat mudah dalam hal perawatannya dan juga harganya pun relatif terjangkau, selain itu burung kenari sangat rajin berkicau dan hal itu tentunya akan membuat senang pemiliknya. Karena kenari tak perlu waktu tertentu untuk berkicau kapan pun dan dimanapun kenari akan langsung berbunyi gacor.

Namun bagi para pemula mungkin memiliki perasaan bahwa dirinya belum memiliki bekal yang cukup untuk memelihara burung kenari. Jangan kawatir sob, di sini akan kita bahas perawatan dasar dalam memelihara burung kenari agar kenari kalian bisa gacor sampai malam, hehe.

Baca juga : 9 Langkah Perawatan Ikan Cupang

Dalam memelihara burung kenari sedikitnya ada 8 teknik dasar yang harus kalian ketahui dalam merawat burung kenari sob. Baik dari segi pakan, kandang dan gangguan-gangguan yang dapat mempengaruhi kenari kalian, apa saja sih 8 teknik perawatan burung kenari ini ?

1. Hindari hembusan angin secara langsung maupun terlalu kencang

Hindari hembusan angin secara langsung maupun terlalu kencang

Dalam menggantung sangkar kenari baik di dalam maupun di luar ruangan, usahakan agar lokasinya tidak terkena hembusan angin secara langsung. Misalnya di dekat jendela, lubang udara, kipas angin ataupun pendingin ruangan. Membiarkan kenari di ruangan yang mendapat hembusan angin kencang akan membuat kenari kalian rentan terhadap berbagai serangan penyakit sob. Nah untuk mengecek apakah ruangan tersebut bebas dari hembusan angin secara langsung kalian bisa menaruh lilin di depan sangkar, jika api lilin bergerak liar itu artinya kalian harus memindahkan sangkar ke tempat yang aman / sampai api lilinnya bergerak secara perlahan / teratur.

2. Jauhkan kenari dari paparan sinar matahari langsung pada siang hari

Jauhkan kenari dari paparan sinar matahari langsung pada siang hari

Seperti kita ketahui jika berjemur di pagi hari akan menghasilkan banyak manfaat untuk tubuh kita. Bagitu juga dengan burung kenari sob, menjemur kenari di pagi hari akan memberikan banyak hal positif terhadap kenari kalian. Salah satunya kenari akan lebih bersemangat untuk ngoceh. Namun jika menjelang siang hari jangan biarkan kenari kalian terkena paparan sinar matahari secara langsung, sinar ultraviolet matahari yang berlebihan akan berakibat buruk pada kenari kalian bahkan bisa berakibat kematian karena serangan heat stroke. Kalian bisa menjemur kembali kenari kalian menjelang sore hari pada saat matahari akan terbenam.

3. Pastikan air dalam sangkar dalam keadaan bersih

Pastikan air dalam sangkar dalam keadaan bersih

Kenari memiliki metabolisme yang tinggi dan tidak bisa hidup tanpa air selama lebih dari 24 jam. Oleh karena itu air merupakan salah satu hal yang harus menjadi perhatian kalian sob. Berikan air bersih dan segar setiap harinya, usahakan jangan memberikan air dari keran / ledeng secara langsung karena mengandung banyak kaporit. Jangan lupa selain air bersih dan segar, kebersihan wadah penampungan air juga harus kalian perhatikan. Usahakan kalian membersihkan wadah air minimal 2 hari sekali.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Saat Pergantian Musim

4. Sediakan pakan biji-bijian

Sediakan pakan biji-bijian

Pakan utama kenari memang biji-bijian, sesuai dengan bentuk paruhnya. Karena itulah pakan bijian harus selalu disediakan dalam jumlah cukup setiap harinya. Pakan bijian yang bagus untuk kenari misalnya canary seed, millet dan niger seed, dan lebih baik jika merupakan kombinasi / campuran dari ketiganya.

5. Pemberian pakan tambahan selain biji-bijian

Pemberian pakan tambahan selain biji-bijian

Untuk menambah menu makanan sekaligus menambah nutrisi kenari, sesekali kenari juga perlu pakan tambahan. Misalnya egg food yang kaya protein dan sangat dibutuhkan untuk kenari dalam masa pertumbuhan dan reproduksi. Jangan lupa sesekali berikan juga sayuran hijau seperti selada, wortel, brokoli dan buah-buahan seperti apel.

6. Jaga kebersihan kandang

Jaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang merupakan sarat penting dalam menciptakan suasana nyaman dan sehat untuk burung kenari. Usahakan kotoran burung kalian singkirkan setiap hari, wadah pakan dan minum juga harus kalian bersihkan. Bersihkan juga tenggeran burung setidaknya seminggu sekali, karena kenari kerap mengusapkan paruhnya ke tenggeran.

7. Waspada kehadiran kutu / tungu dan hewan pengganggu lainnya

Waspada kehadiran kutu / tungu dan hewan pengganggu lainnya

Waspada dengan berbagai jenis parasit, karena mereka bersifat membunuh secara perlahan-lahan. Baik dari dalam tubuh seperti cacing maupun dari luar tubuh seperti tungau merah. Ada juga tungau kaki yang menyerang bagian kaki. Meski jarang menimbulkan kematian, tungau pada kaki kenari juga bisa membuat kenari cacat. Selain itu jauhkan kenari dari jangkauan hewan seperti kucing maupun tikus, usahakan gantung sangkar kenari pada atap/ kalian bisa menempelkan sanggar pada dinding dengan posisi yang cukup tinggi. Jika sangkar kalian tempelkan pada dinding beri kapur semut mengelilingi sangkar, terutama jika kenari kalian sedang bertelur, karena salah satu musuh kenari adalah semut.

8. Gunting kuku kenari apabila sudah panjang

Gunting kuku kenari apabila sudah panjang

Bagi kalian yang ingin menangkar kenari, terutama sebelum dijodohkan usahakan kuku-kuku kenari yang panjang dipotong terlebih dahulu. Jika tidak maka kuku panjang akan menyakiti pasangannya saat keduanya kawin.

Nah itulah 8 cara dasar dalam merawat kenari bagi pemula agar kenari kalian selalu sehat lincah dan semangat ngocehnya, bagaimana masih ragu untuk memelihara kenari ?

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »