Inilah 9 Langkah Perawatan Ikan Cupang

August 10, 2016

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan air tawar yang cukup banyak peminatnya, selain karena warna yang indah ikan ini juga cukup kecil sehingga kita tidak perlu repot-repot menyiapkan aquarium yang besar. 

Ikan yang memiliki nama ilmiah Betta sp ini merupakan salah satu jenis ikan yang mudah dipelihara. Karena alasan inilah ikan cupang cocok untuk kalian yang super sibuk dan jarang memiliki waktu luang, karena sekali ikan cupang ditempatkan dalam wadah kalian hanya perlu memberi makan dan mengganti airnya secara teratur. Nah untuk detail perawatan ikan cupang ini sendiri simak terus artikel ini sampa habis ya.

jenis jenis ikan cupang


1. Siapkan wadah / aquarium sebelum kalian membeli ikan cupang. Saran saya jangan gunakan aquarium yang terlalu besar karena ikan ini memiliki tubuh yang cukup kecil, jika wadah terlalu besar maka ikan akan terlihat semakin kecil dan akan mengurangi keindahannya. Kemudian siapkan air bersih dan tuangkan ke dalam ember kosong dan diamkan beberapa saat hingga suhu air memiliki temperatur yang sama dengan suhu ruangan.

Baca juga : 8 Tempat Nongkrong Favorit Di Kota Malang

2. Tambahkan batu dan tanaman palsu / hias ke dalam wadah / aquarium, setelah itu tuangkan air dari ember yang telah disiapkan tadi ke dalam wadah / aquarium.

3. Pastikan suhu air berada antara 22 - 27 derajat celcius, kalian bisa menggunakan termometer untuk mengukurnya.

suhu aquarium ikan cupang


4. Pastikan suhu air antara wadah kalian dengan suhu air pada penjual ikan cupang tidak terlalu jauh berbeda. Hal ini ditujukan agar ikan cupang mudah beradaptasi, apabila suhu terpaut jauh bisa menyebabkan daya tahan tubuh ikan cupang berkurang karena proses adaptasi suhu air yang terpaut jauh.

Baca juga : 6 Cara Alami Mengatasi Jerawat Membandel

5. Pindahkan ikan cupang ke wadah / aquarium dengan hati-hati. Pemindahan yang tidak mulus akan membuat ikan cupang merasa stres.

ikan cupang


6. Beri makan ikan cupang dengan pelet atau makanan kering, cupang juga bisa diberi makan pakan hidup seperti jentik nyamuk ataupun cacing kecil.

7. Bersihkan wadah cupang minimal 1 kali dalam seminggu, jangan lupa pindahkan dulu ikan cupang ke dalam wada sementara.

8. Cuci bagian dalam wadah / aquarium secara menyeluruh dengan air hangat dan lap sampai bersih dengan kain lembut. Bersihkan juga batu-batuan dan tanaman palsu untuk menghilangkan kotoran dan lendir.

9. Tempatkan batu dan tanaman kembali ke dalam wadah, kemudian isi wadah dengan air bersih dan masukkan ikan cupang ke dalam wadah / aquarium.

aquarium ikan cupang


Nah cukup mudah bukan 9 langkah perawatan ikan cupang ? Karena tidak perlu wadah / aquarium besar, memelihara ikan cupang sangat cocok bagi kamu yang memiliki ruangan / tempat tidur yang tidak terlalu luas. Selain tidak memakan banyak tempat, dengan adanya air pada wadah / aquairum juga akan membuat ruanganmu terasa lebih sejuk.

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »