Inilah Rahasia Sukses Melamar Pekerjaan Untuk Fresh Graduated

October 21, 2016

Inilah Rahasia Sukses Melamar Pekerjaan Untuk Fresh Graduated


Masa-masa sekolah ataupun kuliah memang menyenangkan. Bagaimana tidak ? masa-masa itu membuat kita lupa akan kejamnya dunia. Hari-hari terasa begitu menyenangkan. Banyak teman, jalan-jalan kesana kemari dan waktu yang paling ditunggu-tunggu adalah mereka dilantik menjadi wisudawan dan wisudawati.  Setelah resmi keluar dari masa-masa itu, fix mereka dinyatakan sebagai pengangguran baru.

Lepas dari status pengangguran memang impian dari setiap orang. Banyak pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan kiat sukses melamar pekerjaan khususnya untuk Fresh Graduate. Kendati tidak mempunyai pengalaman apapun, sering dipandang sebelah mata terutama bagi perusahaan besar.

Tapi jangan risau, bagi kalian yang baru saja lulus dari bangku pendidikan. Menurut Brandon Labman, pendiri Responsible Outgoing College Students (ROCS), agen layanan pencari kerja untuk kelas entry-level di Northern Virginia, energi dan antusiasme para lulusan baru juga bisa saja mengalahkan faktor pengalaman.

Kami merekrut karyawan berdasarkan potensi mereka. Tunjukkan bahwa Anda bergairah dan menginginkan posisi yang Anda incar. Anda tidak perlu mengatakan bahwa Anda sudah berpengalaman 10 tahun, dan punya kemampuan yang hebat. Tunjukkan saja bahwa dalam 10 tahun ke depan Anda akan hebat dalam melakukan pekerjaan tersebut,” ungkap Brandon.

melamar kerja


Naah, bagi kamu yang galau karena telah puluhan bahkan ratusan lamaran sudah dikirim tapi tak kunjung dapat panggilan juga, simak beberapa kiat sukses melamar pekerjaan untuk Fresh graduate yang sudah kami rangkum ini


1. Kunjungi Career Center / Job Placement ataupun Job Fair


Sebagian besar disetiap universitas mempunyai career center /  job placement yang berisi orang-orang yang dapat diajak sharing pada masa pencarian kerja. Mendatangi job fair juga wajib dilakukan, karena disana banyak terdapat perusahaan-perusahaan yang menerima Fresh Graduate. Akan tetapi sebelum melamar pekerjaan, perhatikan juga beberapa hal seperti kesempatan karier, gaji dan yang terpenting minatmu dalam pekerjaan itu.

2. Bangunlah koneksi seluas mungkin


Dengan membangun koneksi, maka kesempatan untuk bisa memperoleh pekerjaan juga besar. Membangun koneksi dapat melalui keluarga ataupun teman. Tidak menutup kemungkinan bergabung dengan jaringan professional online seperti linkedIn atau group-group pencari kerja terpercaya lainnya dapat menambah koneksi.

Bangunlah koneksi seluas mungkin


3. Bekerja sesuai passion dan jadilah Fresh Graduate yang siap dilatih


Jika pekerjaan sesuai passion kita, bukan tidak mungkin pekerjaan tersebut akan menjadi ringan dan bukan merupakan beban semata. Jika sudah sesuai passion kita, maka jadilah fresh graduate yang siap dilatih untuk menunjukkan semangat kerja meskipun belum mempunyai pengalaman kerja sama sekali.

4. Percaya diri


Jangan salah, percaya diri sangatlah diperlukan untuk hal apapun guna membangun optimisme yang tinggi. Percaya diri juga dapat membantu melancarkan segala pertanyaan yang diajukan pada saat wawancara.

Tapi percaya diri pun ada batasnya, jika kamu terlalu percaya diri, maka kamu akan cenderung dinilai sombong oleh pewawancara. Maka dari itu usahakan tetap percaya diri tanpa bergaya sombong.

5. Buatlah kesan pertama baik saat wawancara


Kesan pertama adalah momen terbaik untuk menarik perhatian pewawancara. Jangan asal bicara dan bersikaplah dengan sopan. Jika kesan pertamamu baik, bukan tidak mungkin pewawancara akan mengingat betul siapa dirimu, tentu itu semua akan memberikan nilai plus untukmu.

Mengajukan pertanyaan saat wawancara juga menunjukkan antusiasmu dalam memperoleh pekerjaan tersebut. Yang tidak kalah penting adalah melakukan riset terhadap perusahaan dan jenis pekerjaan yang kamu lamar, dengan memperbanyak informasi akan membantu dalam proses wawancara juga akan membuatmu lebih percaya diri dan yakin bahwa pekerjaan ini cocok dengan kemampuan serta minat yang kamu miliki.

wawancara kerja


6. Jangan pernah menyerah mencari lowongan sebanyak-banyak nya


Jangan mudah puas hanya dengan 1 lowongan dan menunggu panggilan. Carilah lowongan sebanyak-banyak nya, karena hal ini memudahkan untuk memilih dan memilah posisi yang akan dilamar.

Selalu aktif dalam mencari loker terbaru dan memasukkan lamaran sebanyak-banyaknya, semakin banyak panggilan akan menambah pengalaman serta wawasanmu yang sedikit demi sedikit akan menemukan celah bagaimana caranya agar bisa diterima dan apa saja kekurangan dalam diri kita yang perlu diperbaiki agar bisa lolos.

7. Perhatikan surat lamaran dan cv yang dikirim.


Cara membuat surat lamaran, cv maupun surat motivasi, pastikan tidak ada kesalahan ejaan, penulisan atau tata bahasa. Jika lamaran dikirim dalam bentuk email, caranya tidaklah jauh berbeda dengan cara melamar konvensional hanya saja pada surat lamaran yang diletakkan pada badan email dan disebut cover letter.

Naah sobat, itulah kiat sukses melamar pekerjaan khususnya untuk kalian para fresh graduate, jika sobat mengalami kegagalan itu adalah hal yang wajar, karena kegagalan adalah suatu proses untuk bangkit dan sukses jangan pernah merasa kecil hati atau patah semangat, masih banyak kesempatan lain yang menanti di masa depan. Berfikir positif dan cara melamar yang sudah benar, maka jangan khawatir atas apapun hasil yang akan sobat terima. Good luck sobat…

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »