7 Program Potensial Untuk Sarjana Pendidikan

January 12, 2017

7 Program Potensial Untuk Sarjana Pendidikan

Setelah berjuang keras melewati skripsi, perjuangan seorang sarjana tak berhenti begitu saja. Justru perjuangan yang sebenarnya adalah terjun ke dunia kerja. Kali ini kita akan membahas 7 program potensial untuk kalian para sarjana pendidikan. Apa saja program-program tersebut ?

7 Program potensial bagi para sarjana pendidikan

1. Ikuti Program SM-3T 

Bagi kamu yang belum mengetahu apa itu SM-3T, program ini adalah salah satu program yang sedang gencar dijalankan oleh DIKTI. Jika kamu mengikuti program ini, maka selama satu tahun kamu akan ditempatkan di daerah terluar, terdepan dan tertinggal di berbagai pelosok negara ini. Bahkan mungkin di daerah-daerah tersebut masih belum terdapat instalasi listrik, masih banyaknya penduduk yang buta aksara dan logistik yang kurang memadai. 

Memang terdengar menakutkan terutama bagi kamu yang biasa tinggal di kota-kota besar dengan segala fasilitas yang mumpuni. Tapi untuk kalian yang tulus menjadi tenaga pengajar hal tersebut mungkin akan membuat kalian tertantang, karena akan ada banyak pengalaman baru yang akan kalian dapatkan.

Namun perjuangan kalian akan dibayar dengan berbagai keuntungan. Selain mendapatkan gaji yang besar selama mengikuti program ini, kalian juga berhak mendapatkan beasiswa PPG(Program Profesi Guru) setelah kalian berhasil menyelesaikan program SM-3T ini. Tentu saja dengan sertifikat PPG yang akan kalian dapatkan akan membuat peluang menjadi tenaga PNS akan semakin besar lagi,

2. Bekerja sebagai Guru Tidak Tetap

Jika kamu ragu untuk mengikuti program SM-3T karena penempatannya cukup jauh, ada alternatif lain yaitu sebagai guru tidak tetap. Walaupun sudah menjadi rahasia umum bahwa menjadi GTT pasti mendapatkan porsi pekerjaan yang lebih banyak. 

Namun kamu akan memiliki banyak pengalaman selama mengabdi sebagai GTT. Kabar baiknya, beberapa kota telah menerapkan upah minimum untuk para GTT dan tak sedikit pula GTT yang diangkat menjadi guru tetap di sekolah tersebut setelah bekerja selama 1 tahun.

3. Membuka Les Privat

Banyak orang tua yang berfikir jika porsi belajar anak di sekolah masih kurang maksimal. Ini bisa menjadi peluang kamu para sarjana pendidikan untuk membuka jasa les privat. Kamu hanya perlu mengajar 1-2 jam per anak dengan bayaran yang bisa kamu negosiasikan dengan orang tuanya secara langsung. 

Kamu tidak perlu bekerja seharian penuh, namun beban dan tanggung jawabmu juga cukup besar. Kamu harus bisa meningkatkan prestasi anak didik di kegiatan belajar sekolah. Tapi jika kamu telah mengetahui tips dan trik mengajar yang efektif tentu saja akan akan mempermudah pekerjaanmu.

4. Studi Lanjut

Mengikuti studi lanjut tidak berarti bahwa pengabdian kalian sebagai tenaga pengajar akan terhenti. Justri dengan melanjutkan studi akan menambah ilmu dan pengetahuan. Apalagi setelah menyelesaikan studi akan membuat kalian memiliki peluang untuk mengajar mahasiswa di universitas. 

5. Ikut Seleksi CPNS

Sampai saat ini, Pegawai Negeri Sipil masih menjadi pekerjaan paling populer untuk masyarakat indonesia. Untuk kamu para sarjana pendidikan, mengikuti tes CPNS adalah salah satu program yang bisa kamu ikuti untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik. Namun untuk lolos tes CPNS kamu harus berjuang lebih keras daripada skripsi, karena persaingannya yang sangat ketat dengan ribuan peserta di setiap kota nya. Mungkin kamu bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang dengan mempelajari soal-soal untuk tes CPNS

6. Ikut Kursus Untuk Meningkatkan Kemampuan dan Pengetahuan

Selama masa kuliah pasti kalian sudah mendapat banyak keterampilan. Walaupun begitu kalian tetap harus meningkatkan keterampilan dan kemampuan. Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa kursus sesuai dengan minatmu, Keterampilan yang kamu miliki bisa menjadi nilai tambah ketika mendaftar sebagai guru ataupun profesi lainnya.

7. Ikut Komunitas Mengajar

Kita semua tahu jika pendidikan di Indonesia masih belum merata. Selain program SM-3T banyak juga komunitas yang mengajak untuk berbagi, mengabdi dan peduli dengan pendidikan melalui program-program mereka. 

Salah satu contoh komunitas bertema pendidikan adalah 1000 guru yang hampir tiap bulannya membuka event bagi yang berminat untuk mengajar secara sukarela. Selain mengajar, kalian juga akan diajak traveling karena 1000 guru biasanya mengadakan event di daerah yang pendidikannya masih kurang layak. 

Semoga dengan 7 program potensial untuk sarjana muda ini bisa bermanfaat untuk kalian. 

Share this

Kumpulan artikel yang jauh dari unsur diskriminasi, pornografi, isu sara, politik dan berita-berita sensitif lainnya

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »